Kamis, 28 Mei 2015

Kucing Muntah

saya ingin coba berbagi & berdiskusi dengan teman-teman semua tentang kucing yang muntah,
saya pribadi membagi kucing muntah menjadi 2 bagian:
1. muntah biasa /normal /tidak berbahaya
2. muntah karena sakit

1. MUNTAH BIASA
- muntah gumpalan bulu (biasanya agak panjan) / hairball
- muntah rumput /daun
- muntah makanan, ini bisa karena kekenyangan atau bisa juga karena sakit

2. MUNTAH KARENA SAKIT
muntah karena sakit ini yg paling membingungkan, karena dari sakit biasa yang bisa disembuhkan sampai penyakit mematikan yang tidak ada obatnya mempunyai gejala muntah, saya akan coba menulis apa yang saya pernah saya alami & saya tahu saja & nantinya teman-teman lain bisa tolong ikut menambahkan. :D

-MUNTAH DISERTAI CACING:
kemungkinan kucing cacingan & karena terlalu banyaknya cacing di pencernaan mengakibatkan muntah, solusinya bisa dengan diberikan obat cacing sesuai dosis, misalnya combantrin, pyrantel drontal, yang paling lengkap membunuh jenis-jenis cacing yang saya tahu adalah drontal cat.

-MUNTAH PUTIH DISERTAI BUSA:
ada kemungkinan kucing keracunan karena makan serangga atau obat kimia lainnya (sabun,pembersih lantai dll) solusi awal bisa coba di kasih norit dosis kitten 2-3, norit dilarutkan kemudian dispet pakai suntikan non jarum, dewasa 3-5 tablet, pemberian air kelapa,susu beruang dll. bila berlangsung lebih dari 1 hari/ dalam 1hari frequensi muntah lebih dari 3x secepatnya bawa ke dokter.

-MUNTAH MAKANAN + kucing ga mau makan:
bisa terjadi karena kucing kekenyangan, gejala flu dll, bisa coba ondansetron dosis kiten 1/4 dewasa 1/2-1 (pemberian obat hanya untuk 1 hari saja bisa muntah masih berlanjut periksa ke dokter) pemberian obat muntah ondansetron akan diulang untuk penyebab muntah yang lain & sekali lagi pemberian obat hanya untuk 1 hari bila hari ke 2 masih muntah secepatnya periksa ke dokter, pemberian antibiotik misalnya claneksi bisa diberikan dosis 1ml/kg berat badan, vitamin misalnya nutriplusgel, transfer factor, imunbooster dll bisa diberikan.

-MUNTAH KUNING + GA MAU MAKAN + DIARE:
gejala ini cukup rumit karena bisa karena komplikasi flu & pencernaan biasa sampai karena virus mematikan misalnya panleukopenia/distemper, FIP, dll solusi awal coba berikan ondansetron sesuai dosis di atas untuk muntahnya,curliv plus 1 tablet perhari, kucing tetap harus dapat masukan makanan & minum dengan cara disuapin atau di spet pakai suntikan non jarum misalnya kuning telur + madu yg telah dilunakkan dll, untuk minumnya yg terbaik adalah pakai cairan anti dehidrasi misalnya pedialite, oralit, dll, untuk diarenya bisa coba diberikan flagil dosis 1ml/kg berat badan, lacto b, ekstrak kunyit dll. pemberian antibiotik seperti claneksi bisa diberikan dosis 1ml/kg berat badan, tempatkan kucing dengan alas kain dalam kandang disertai bohlam lampu agar hangat, pemberian vitamin & imun booster sangat disarankan. bila dihari ke 2 tidak ada perubahan membaik dari frequensi muntah & pola makannya secepatnya diperiksa ke dokter agar dapat penanganan yang lebih maksimal, kucing yang muntah/diare cair lebih dari 2 hari sebaiknya diberikan cairan infus, jangan biarkan gejala ini berhari hari karena ditakutkan bisa merusak hati, ginjal, pencernaan & organ penting lainnya ditubuh kucing.
mungkin teman-teman yang lain bisa menambahkan agar bisa lebih berguna lagi buat teman-teman yang membutuhkan informasi tentang kucing muntah ini.

Sumber.Oleh Dody Trisna Wirawan pada 27 Desember 2014

Tidak ada komentar: